Search

Pay Per Click dan Pay Per Action


Pay Per Click dan Pay Per Action

Apa Itu Pay Per Action dan Pay Per Click?

Sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal tentang bisnis online dengan program pay per click (PPC) dan pay per action (PPA). Namun memang masih banyak yang belum tau tentang 2 program bisnis online ini, untuk itu saya coba menjelaskan.
Awal tahun 2009 adalah pertama sekali saya mendengar tentang bisnis online dan waktu itu saya bingung apa sih bisnis online itu dan caranya bagaimana sih? Dulu saya tidak punya gambaran sama sekali bagaimana orang bisa menghasilkan uang dari internet, maklum saya waktu itu juga jarang pake internet, paling cuma buka email, maen friendster (sekarang udah tutup), dan browsing-browsing di google.
Berawal dari ketertarikan saya pada blog seorang teman, saya melihat banyak catatan dan hal-hal yang menurut saya sederhana di dalam blog dia itu. Saya baca beberapa artikel sampai mata saya melihat sebuah iklan, di iklan itu ada tulisan “Bagaimana Menghasilkan Uang dari Internet” hehehe judul iklannya sederhana memang… tapi saya penasaran dan mengklik iklan tersebut dan membaca isi websitenya. Well, menurut saya semuanya sederhana… intinya hanya bagaimana kamu bisa menghasilkan uang dengan cara menjual atau memberikan informasi pada orang lain, yup informasi.
Sebenarnya kita bisa jual apa saja melalui internet, bahkan bisnis offline bisa semakin berkembang bila didukung oleh informasi ttg bisnis tersebut melalui internet. Dari sekian banyak jenis bisnis online, yang saya jalankan dengan serius hanya 2 jenis, yaitu pay per click dan pay per action.



1. Pay Per Click (PPC); pemilik blog/website dibayar bila ada pengunjung yg melakukan klik pada iklan di websitenya. Saya mengikuti program PPC dari google atau biasa disebut google adsense. Jadi memang kita wajib memiliki website atau blog bila ingin mendapat penghasilan dari program PPC ini. Penghasilan dari program PPC google adsense ini adalah yang paling banyak disukai oleh publisher krn memang sangat mudah (menurut saya sangat mudah). Dan mendapat penghasilan dari program google adsense terbilang mudah – kalau udah ngerti caranya – hehehe. Pengunjung website tidak harus membeli, tp cukup dengan mengklik iklan yg ada di website saya, saya udah dapat dollar hehehe. Untuk informasi lebih lengkap bisa baca di sini Google Adsense.
2. Pay Per Action (PPA); pemilik blog/website (affiliate) dibayar bila ada pengunjung yang melakukan pembelian dari websitenya atau link affiliatenya. Program PPA ini cukup populer karena memang memberikan penghasilan yang cukup besar bagi internet marketer. ClickBank.com dan Amazon.com adalah 2 perusahaan yang sangat terkenal utk program PPA ini. Namun memang ada perbedaan antara keduanya. Perbedaan antara clickbank dan amazon adalah pada produknya, kalau clickbank menjual produk berbentuk digital (Ebook/ buku elektronik) sedangkan amazon menjual produk berbentuk fisik.
Kalau saya ditanya mana yang lebih mudah antara PPC dan PPA pasti saya jawab PPC karena pengunjung website saya tidak harus membeli tapi cukup hanya mengklik iklan yang ada di website saya, dollar sudah mengalir ke account saya :) . Namun walaupun begitu, PPA tetap menjadi salah satu program favorit saya dalam berbisnis online. Bagaimana dengan anda?

0 Response to "Pay Per Click dan Pay Per Action"