Cara membuat Blog Anti Copy Paste / anti klik kanan

Pada postingan kali ini saya akan berbagi  Tips agar artikel blog anti copy paste (anti copas). Yang di maksud anti copas disini adalah dengan cara menonaktifkan fungsi klik kanan mouse, sehingga artikel blog tidak bisa di copy. ( sehingga tidak bisa di paste dimanapun hehehe....)

Dengan hadirnya Algoritma Google Panda dan Penguin, dimana para blogger yang mempunyai kebiasaan buruk copy paste artikel blog orang lain akan mendapatkan ganjaran / hukuman dari Google, mungkin akan memberikan sedikit  efek jera kepada para blogger tersebut, karena akan berakibat buruk pada blognya sendiri, baik itu di Banned,  deindex atau pinalty lainnya (baik dari Google maupun dari Tuhan yang Maha Kuasa)

Mungkin sahabat blogger ada yang  tidak rela kalau artikel yang ia tulis dengan susah payah, ternyata dicopy oleh blogger lain dan ia paste pada postingannya tanpa ijin, bahkan tanpa ada rasa terima kasih sama sekali ( dengan tanpa menyebutkan link sumbernya)  mungkin ada baiknya untuk mencoba tips ini, walaupun tips ini sudah bisa ditangkal, tapi paling tidak akan sedikit menambah repot/kerjaan bagi tukang copas.

Berikut ini tips agar artikel blog tidak bisa di copas:

  1. Login ke akun Blogger sobat. atau klik  disini
  2. Pilih menu "Template"dengan cara seperti pada gambar berikut:
  3. Jangan lupa Back up Template untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara Klik "Cadangkan / Pulihkan" (ditunjukkan oleh no.1)kemudian klik tombol "unduh template lengkap" dan simpanlah backup template tersebut baik-baik. dan tutuplah windows tersebut. perhatikan gambar berikut ini:

    Kemudian klik "Edit HTML"( seperti n. 2 pada gambar diatas)
  4.  Pilih "Lanjutkan"
  5. Centang : , perhatikan gambar berikut:
  6. Cari kode tag </head> Untuk Mempermudah  Control F
  7. Setelah kode tersebut ditemukan, Kemudian Letakan kode berikut tepat di bawah kode</head>
    <script type="text/javascript"> if (typeof document.onselectstart!="undefined") { document.onselectstart=new Function ("return false"); } else{ document.onmousedown=new Function ("return false"); document.onmouseup=new Function ("return true"); } </script>
  8. Kemudian "Simpan Template" (ditunjukkan pada gambar no. 5 diatas)
Post a Comment